MEMPERBAIKI HARDISK EXTERNAL YANG MEMINTA FORMAT ?



memperbaiki hardisk eksternal minta format

Hardisk eksternal prinsipnya sama dengan flashdisk yakni sama-sama berfungsi sebagai external storage, namun memiliki satu hal pembeda yang membuatnya harus lebih safety ketika dikeluarkan dari komputer atau laptop anda. Bukan dari segi ukuran atau volume penyimpanannya saja yang beda, ternyata dari struktur bungkusnya pun berbeda. Hardisk eksternal memiliki casing/bungkus yang dilengkapi oleh rangkaian sistem minimum yang berfungsi juga sebagai gerbang masuk lalulintas data. Gerbang masuk itu yang membuatnya lebih aman namun sekaligus sebagai kelemahannya.

Pernahkan anda menemukan bahwa hardisk eksternal anda tiba tiba minta format? Masih untung jika data dalam hardisk itu tidak penting, namun jika penting, pasti anda akan kebingungan untuk menyelamatkan data hardisk anda. Dan itu yang saya alami baru-baru ini. Tidak tanggung-tanggung seluruh data skripsi update terbaru berada dalam hardisk eksternal yang kondisinya minta format. Bingung juga bagaimana cara mengembalikan data di hardisk saya itu. Berbagai cara saya lakukan seperti uraian di bawah.

  1. Cek berada dipartisi apakah hardisk anda, E / F / G ataukah I, mungkin itu tergantung partisi di komputer atau laptop anda.
  2. Klik Start, jika anda menggunakan windows 7 maka anda bisa ketik cmd lalu enter. Untuk windows versi lainnya silahkan anda masuk ke CMD.
  3. Lalu anda ketik CHKDSK spasi /r /f L: (L adalah lokasi partisi hardisk anda.)
  4. Lalu enter, tunggu hingga proses selesai. Hasilnya bisa dilihat berhasilkah hardisk eksternal anda diperbaiki ataukah sebaliknya.
Cara memperbaiki hardisk eksternal yang kedua adalah dengan cek properties dari hardisk eksternal anda, berikut caranya seperti dalam gambar:
 
cara memperbaiki hardisk eksternal dengan manual properties
Jika hardisk anda berhasil di check maka kondisi hardisk anda pasti kembali normal, hal ini pernah saya lakukan dulu dan berhasil, namun kondisi sekarang hardisk eksternal saya tidak dapat di check dan hasilnyapun tidak memuaskan. Coba hardisk anda cek, jika berhasil di cek berarti itulah cara tepat anda dan anda terselamatkan dengan hardisk eksternal anda kembali berfungsi normal.
 



0 komentar :