SIFATUL HURUF = SIFAT-SIFAT HURUF

Pengertian menurut bahasa: Apa-apa yang ada pada sesuatu yang dapat memberikan makna, seperti hitam, putih dan apa-apa yang menyerupainya.

Pengertian menurut istilah: Sifat yang baru datang pada sa'at huruf itu keluar dari makhrojnya, yaitu jelas, lunak dan lain sebagainya.

Tujuan mempelajari sifat-sifat huruf: Agar huruf yang keluar dari mulut kita semakin sesuai dengan keaslian huruf-huruf Al-Qur'an itu sendiri.

Melalui sifatnya, seseorang itu akan mampu membedakan suatu huruf, dengan keadaan pengucapan seperti tertahan, berdesing, melantun dan sebagainya. Kelebihan memahami sifat huruf ini adalah sebagai pelengkap kepada makhroj. Dengan mengetahui sifatnya, kita dapat membedakan lafadh pengucapan bagi huruf yang makhrojnya sama.

Tambahan pula, kita akan dapat mengenal huruf yang kuat dan lemah atau huruf yang dilafadhkan secara tebal dan tipis karena sifat yang wujud pada hurufnya.
Sifat huruf juga membantu ketepatan sebutan suatu huruf supaya dapat dilafadhkan dengan betul, terutamanya bagi huruf yang hampir sama pengucapannya seperti huruf tha (ث) dengan sin (س),  ha' (ح) dengan ha ().
 
 
JIKA MAU LEBIH LENGKAP ARTIKEL INI SILAHKAN KUNJUNGI BLOGG DI PETUNJUK INI >>http://mujahidahwaljihad.blogspot.com<<

0 komentar :